Saturday, April 20, 2013

Konfigurasi Zentyal 3.0 Setelah Instalasi


zentyal server
Konfigurasi Zentyal 3.0 Setelah Instalasi: Zentyal 3.0 Server adalah salah satu distro Linux Server turunan Ubuntu Server yang juga termasuk dalam keluarga Debian GNU/Linux. Zentyal dapat berperan sebagai Gateway, Office Server, Infrastructure Manager, Communication Server dan Threat Manager maupun kombinasi dari mereka. Disponsori dan dimiliki oleh eBox Technologies S.L, Zentyal dikhususkan untuk Small and Medium Businesses (SMBs) dimana sebagai alternatif Windows Server maupun Produk Infrastruktur SMBs Microsoft lainnya. Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas  tentang cara instalasi Zentyal 3.0Untuk tahapan selanjutnya, kita tinggal login saja untuk mengkonfigurasi profil dan module tentunya dengan memasukkan username dan password yang sudah di set pada tahap instalasi.
login zentyal
Anda juga dapat menambahkan user lain pada grup sudo nantinya dengan tujuan user yang ditambah mendapatkan hak akses super user (root).
Zentyal 3.0 menggunakan wizard untuk memberi kemudahan dalam instalasi module, dimana terbagi dari 4 profil yang berbeda yaitu Office, Gateway, Infrastructure dan Communication. Sesuai dengan kebutuhan pada laboratorium komputer baik di kantor, sekolah, maupun kampus profile yang cocok adalah Zentyal Office. Kita juga dapat mengkustomisasinya sesuai dengan kebutuhan yang ada.
Berikut merupakan tahapan wizard Zentyal 3.0 :
1. Tahap Instalasi Module
Pilih Module yang akan di install.
package zentyal
Konfirmasi instalasi, pilih saja OK.
confirm pack
Kita tunggu sampai proses instalasi selesai.
wait
2. Konfigurasi Awal
Setelah selesai tahap instalasi Module, wizard akan langsung masuk ke konfigurasi awal.
Pilih interface internal untuk jaringan lokal dan external yang terhubung ke internet
awal
Set IP untuk kedua Interface, interface external DHCP jika terhubung langsung dengan router internet atau IP Statis. Sedangkan untuk interface external pilih IP statis karena terhubung dengan komputer client pada jaringan lokal.
NI
Pilih nama domain server
user
Daftarkan servermu ke Zentyal dan dapatkan beberapa keuntungan seperti subdomain, backup, dll.
save
Pastikan mendaftar dengan benar.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.