Friday, April 17, 2015

INTERFACE YANG BAIK DAN INTERFACE YANG BURUK


Interface Yang Baik
      1.      Waktu loading yang cepat
       Dari sudut pandang manapun, waktu loading yang cepat harus menjadi perhatian utama. Apabila    website Anda gagal ditampilkan dengan sempurna dalam waktu beberapa detik, biasanya pengunjung baru enggan berlama-lama menunggu dan memutuskan untuk meninggalkan website/blog Anda. Biasanya ini terjadi pada pengunjung yang berasal dari hasil pencarian dimana mereka membutuhkan informasi yang tepat dan singkat.

     2.      Tidak memiliki halaman antara
        Halaman antara adalah halaman yang ditampilkan sebelum halaman utama ditampilkan yang biasanya disebut dengan Splash Page atau Intermission. Halaman seperti ini biasanya berisi ucapan selamat datang atau bahkan iklan. Halaman seperti ini sering ditemukan, seringkali hanya berisi logo website/blog dengan tulisan “Click here to Enter Site” di bawahnya. Hal ini sungguh mengganggu bagi pengunjung website Anda.

     3.     Tidak memuat file multimedia yang terlalu banyak
      Video dan audio adalah konten multimedia yang cukup mengganggu pengunjung dan memang tidak efektif. Biasanya pengunjung akan langsung mengecilkan volume atau bahkan menutup website/blog Anda. Apabila file multimedia memang diperlukan, buat agar file tersebut tidak langsung dijalankan pada saat website dibuka dan tambahkan link untuk mengaktifkan file multimedia tersebut.
Bentuk lain yang cukup mengganggu adalah gambar animasi, sebisa mungkin tempatkan gambar animasi di luar konten utama website Anda sehingga pengunjung tidak terganggu ketika berusaha membaca konten tersebut.

    4.     Memberikan pesan, kesan dan tautan yang jelas
      Pengunjung akan segera meninggalkan website/blog Anda jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website Anda. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.
Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu.

     5.     Memiliki desain dengan struktur yang tepat dan mudah dimengerti
      Tentukan struktur penempatan konten website seperti header, footer, menu navigasi dan blok iklan. Usahakan struktur tersebut sama pada setiap halaman sehingga pengunjung tidak dibuat bingung dengan misalnya, menu yang berpindah-pindah.




Interface Yang Buruk
     1.      Penempatan posisi conten yang acak-acakan.
     2.      Buruk dari segi pengambilan warna
     3.      Tujuan website tidak jelas
     4.      Segala hal yang terlihat seperti iklan
    5.      Tidak  user friendly, warna yang digunakan tidak begitu menyenangkan mata user, sehingga membuat  user tidak begitu tertarik untuk mengunjungi website tersebut.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.